Senin, 13 April 2009

PROPOSAL WORKSHOP NASIONAL
PENULISAN DAN PENGEMASAN BUKU

DASAR PEMIKIRAN

Industri perbukuan belakangan ini memperlihatkan perkembangan yang cukup menggairahkan. Selain penerbit-penerbit yang telah lama eksis, akhir-akhir ini bermunculan berbagai penerbit baru yang tampak semakin meramaikan usaha bisnis perbukuan. Kecenderungan ini berdampak pada semakin meningkatnya produktifitas penulis, selain terus bermunculan penulis-penulis muda yang penuh semangat. Sayang, semangat yang bergelora di kalangan para penulis (muda) ini cenderung belum professional, sehingga ketika buku-buku yang ditulis muncul ke pasar kurang mendapatkan respon dari masyarakat. Semua ini terjadi karena dunia kepenulisan kurang memperhatikan "selera" pasar. Akibatnya, buku-buku yang telah disiapkan dengan berbagai pekerjaan berat untuk menerbitkannya seakan menjadi "sia-sia".
Buku yang berkualitas harus dapat menyajikan informasi yang mudah dipahami oleh pembacanya. Penulis dituntut untuk mampu menciptakan komunikasi tertulis yang baik dengan pembaca dengan menyajikan sistematika yang baik mengenai aspek-aspek informasi di dalam bukunya. Agar buku mempunyai asas manfaat yang tinggi, penulis juga harus menyajikan ketajaman dan jangkauan informasi yang dapat dipelajari melalui bukunya. Pada saat buku dibaca diharapkan terjadi jalinan komunikasi batin seakan-akan pembaca sedang berguru kepada sang pengarang. Buku yang baik memuat visi (arah), misi (pesan), konteks (kaitan), konten (isi), dan proses dari informasi yang disajikan. Dalam kaitan ini, sebuah buku harus mampu menggugah potensi intelektual, sosial dan spiritual pembacanya. Penyajian yang baik, penggunaan bahasa yang mudah dicerna dan pengemasan buku yang optimal, akan meningkatkan motivasi pembaca untuk menguasai apa yang ada dalam buku tersebut.
Melihat fenomena tuntutan dunia penulisan buku yang seperti ini, penerbit Suka Press berpandangan bahwa profesionalisme dalam penulisan buku harus dikembangkan agar mutu dan kualitas buku yang merupakan salah satu sarana bagi pengembangan intelektual tetap eksis. Profesionalisme ini bukan saja pada pihak penerbit yang terkait dengan persoalan pengemasan maupun pemasaran, namun juga pada pihak penulis, bagaimana agar seorang penulis mampu menulis buku sesuai dengan bahasa dan model yang dikehendaki oleh pasar. Tentu saja, dengan tetap mempertahankan sisi-sisi akademik yang menjadi konsen penulis.
Berangkat dengan pertimbangan inilah, Suka Press UIN Sunan Kalijaga bermaksud untuk mengadakan workshop mengenai penulisan dan pengemasan buku (desain cover dan setting buku). Workshop ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam menulis dan membuat desain cover buku sesuai dengan isi buku dan mendesain setting buku sesuai dengan karakternya. Dengan fasilitator dari penerbit-penerbit besar (Gramedia & Mizan) workshop ini diharapkan bisa memberikan wawasan dan pengalaman yang kaya bagi para peserta.

TUJUAN
Peserta memahami proses dan metode penulisan buku yang bisa diterima oleh pasar.
Peserta memahami proses pengemasan dan pensettingan sekaligus rancang bangun sebuah terbitan buku yang mempunyai nilai jual dan artistik yang tinggi.
Peserta mampu menggali, mengorganisir sekaligus mengekplorasi ide-ide dalam mendesain cover buku dan mampu menganalisis kebutuhan desain produk cover buku.

PELAKSANAAN
Pelaksanaan workshop direncanakan pada bulan tanggal 11 s.d 13 Juni 2006 dan bertempat di Training Centre UIN Sunan Kalijaga, Maguwoharjo Depok Sleman

PESERTA
Peserta workshop desain cover buku ini, diharapkan berasal dari kalangan pengurus penerbitan baik dari lingkungan penerbitan kampus dan penerbitan non kampus serta peminat dan pemerhati dunia penerbitan.

AGENDA WORKSHOP

No Hari/
Tanggal Jam Materi Pemateri Pemandu
1 Selasa,
11 April 2006 08.00-09.30 Opening Ceremonial /
Pengalaman Menulis Prof.Dr.H.M.Amin Abdullah
(Rektor) M. Alfatih. S
09.30-10.00 Cofee Break - -
10.00-12.00 Overview Penyusunan Naskah dan Desain Cover Buku Drs. Jarot Wahyudi,S.H.,M.A. Early M.S.Ag., M.Si.
12.00-13.00 ISHOMA - -
13.00-15.00 Kiat menulis Hernowo
Mizan Oktoberinsah,M.A.
15.00-15.30 Cofee Break -
15.30-17.00 Konsep Pengemasan Buku Wandi S.Brata Dra. Sri Rohyanti,SIP.,M.Si
2 Rabu, 12 April 2005 08.00-10.00 Tutorial : Penggalian, Desain cover dan lay out buku. Mr.Ong Harry Wahyu A. Baidowi, S.Sos
10.00-10.30 Cofee Break -
10.30-12.00 Distribusi Dan Pemasaran Imam Muharor Sibawaihi,M.A.
12.00-13.00 ISHOMA - -
13.00-15.00 IT Roy Suryo Fahrudin Fais,M.Ag
15.00-15.30 Cofee Break -
15.30-17.00 Bisnis Buku Prof.Dr.Musa Asy’ari M. Alfatih S,M.Ag
3
Kamis, 13 April 2006 08.00-12.00 Kunjungan ke Penerbit - Panitia
12.00-13.00 ISHOMA - -
13.00-15.00 Evaluasi Fahrudiin Faiz,M.Ag
15.00-16.30 Closing Ceremonial Ketua SKP

ANGARAN KEGIATAN
Anggaran workshop penulisan dan pengemasan buku (desain cover dan setting buku). terlampir.

SUSUNAN KEPANITIAAN
Pengarah : Prof. Dr. H. M. Amin Abdullah

Penanggung Jawab : Drs. Jarot Wahyudi, SH., MA
Ketua Panitia : M.Alfatih Suryadilaga,M.Ag.
Sekretaris : Earli Magfiroh Inayati, S.Ag., M.Si.
Bendahara : Dra. Sri Rohyanti Zulaikha, SIP.,M.Si
Seksi Acara : Fahrudin Faiz,M.Ag
Drs. Octoberinsyah, M.Ag.
Humas : Edi Yusuf Setiabudi, S.E.
Pubdekdok : Muhammad Affan Hasyim
Akomodasi : Ahmad Baedowi Amiruddin, S.Sos.
Konsumsi : Tsaniatul Ulfah, SS.

PENUTUP
Demikianlah rencana langkah-langkah workshop penulisan dan desain cover buku, semoga apa yang telah kita usahakan selama workshop ini dapat menambah ilmu dan bermanfaat bagi kita.

0 komentar:

Posting Komentar

mengingatkan lewat komentar

Template by:
Free Blog Templates